Monday 24 January 2011

Alhamdulillah...

Ujian lisan pertamaku, lulus :) terima kasih Mama, Papa, Papa Saskia dan Saskia juga atas doanya... Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan kasih sayangNya kepada kalian semua. Amiin.

Walau sedikit nervous pada awalnya... Tapi selanjutnya jadi lebih santai... Thank you Professor De Meester... Semoga ilmu Aquatic Ecology yang kau ajarkan nempel terus di kepala... bukan cuma gara2 menjelang ujian aja... dan bermanfaat serta bisa diterapkan untuk ke depannya. 

Tapi bener deh... Kuliah ini berkesan banget... sekarang kalau melihat yang berhubungan dengan aquatic ecology... jadi ingat segala sesuatu hal detil tentang itu... misalnya lihat gambar hutan mangrove di TV... jadi ingat kalau dia punya akar yang panjang itu gunanya untuk apa... lagi makan ikan jadi ingat masalah overfishing, gimana caranya harvest fish in sustainable way... carrying capacity... net recruitment... maximum sustainable yield... lihat makhluk kecil bergerak2 di sungai, yang dulu biasa kusebut kecebong, jadi ingat ternyata dia punya nama yang keren: Daphnia... dan dia itu kalau musim panas merubah ukuran badannya jadi lebih besar, kepalanya jadi kayak pake helm, spine-nya memanjang... itu sebagai defence mechanism supaya ikan-sang predator jadi susah makannya... hehehe.

Udah ah... mumpung lagi riang... karena lulus ujian... manfaatin semangatnya untuk belajar untuk ujian selanjutnya: Irrigation Agronomy!

Mudahkanlah ya Allah. Amiin.

No comments:

Post a Comment