Saturday 31 December 2011

Kilas Balik 2011

Menjelang tahun baru.. seorang diri di kamar.. dan tampaknya di lantai asrama ini aku sendirian juga.. pada pulang kampung.. dan mungkin mereka juga sedang merayakan tahun baru..

Sekedar mengingat apa yang terjadi di tahun ini.

Januari:
Ujian semester pertama.. pertama kalinya merasakan ujian kuliah di luar negeri yang mana beda banget sistemnya sama di negara sendiri. Oral exam. Pakai bahasa Inggris pula. Awalnya deg2an, lama2 aku menemukan bahwa ujian lisan ini membantu banget. Profesornya baik2, malah kalau gak tau jawabannya  dikasih hints :D 

Februari:
Pertama kalinya liburan ke luar negeri: Italia :) (btw, kalau Belgia mah bukan liburan ya, sekolah). Rome, Pisa, Venezia.. oh indahnyaaa.. pas di Venezia pengen nangis rasanya inget Mas Yudha.. tempat seindah itu harusnya dikunjungi sama suami (dan anak) :) pulang-pulang dapat kabar bahagia: lulus semua mata kuliah dengan 1 nilai bagus banget, 3 nilai bagus dan 1 nilai pas2an :D .. jadi ambil kursus bahasa Belanda.

Maret:
Semester baru, semangat baru... Saskia mau ultah, jadi sibuk cari2 kado buat Saskia n sekalian orang rumah.. termasuk pengasuh Saskia yang mau resign habis Saskia ultah karena mau nikah. Walau jauh tetep kepikiran juga soal cari pengganti Janah. Karena aku rasa dia itu almost perfect sebagai baby sitter. Terampil, gesit, ke Saskia juga telaten, tau apa yang mesti dilakuin tanpa disuruh2, penurut, orangnya juga sopan n jujur, n kadang mau ikut bantu2 sedikit di dapur tanpa diminta kalau lagi gak ada pembantu. Buatku dengan Mama gak pernah komplain aja udah menandakan bahwa dia oke, mengingat standar Mama akan disiplin, kerapian, kebersihan dan kegesitan yang tinggi.

April:
Genap 1 tahun sudah Saskia hadir di dunia ini (tanggal 12) :) dan ultahnya tanpa diriku :( yo wes yang penting anaknya sehat, cerdas, ceria n baik2 aja. Banyak yang jagain juga: Mbah Ti, Mbah Kung, Pappa Saskia, dan Allah SWT. Peristiwa lain: jalan2 ke Barcelona :) Mas Yudha dapat beasiswa USAID untuk kuliah di Amerika tahun depan, yang kalo jadi berangkatnya Juli 2012, yang mana aku baru wisuda September 2012. Antara senang, bimbang dan sedih.

Mei:
Pertama kalinya Saskia sakit berat dan masuk RS opname selama 4-5 hari. Diare gara2 makan santan. Sedihnya lihat dia yang biasa ceria dan banyak ketawa jadi lesu, lemas tak berdaya. Dapat pengganti BS baru, tapi baru awal2 Mama udah komplain gara2 orangnya ngeyelan, susah dibilangin n agak kasar ke Saskia. Di kemudian hari akibatnya Saskia gak mau pup di closet duduk di kamar mandi depan dan jadi kayak trauma gitu. Padahal jaman si Janah Saskia udah diajarin n mau2 aja pup di situ. Langsung berencana ganti kalau nanti aku pulang liburan.

Juni:
Bulan stress. Ujian semester 2. Oral exam sudah tidak menakutkan lagi bagiku. Masalahnya sekarang adalah materinya yang makin berat. Lulus ujian bahasa Belanda tanpa persiapan belajar :D

Juli:
Coming home :) akhirnya bisa mendekap Saskia kembali yang selama ini cuma bisa komunikasi via skype. Takjub dengan perkembangannnya yang dulu kutinggal duduk aja belum bisa sekarang udah bisa jalan... daaan dengan sejuta harapan bisa lulus semua mata kuliah supaya bisa lebaran n liburan panjang.. namun, kenyataan berbeda. Ngulang, 2 pula. Shock. Dapat baby sitter baru untuk Saskia: Is. Gak sepintar Janah tapi insya Allah orangnya baik n penurut, serta punya modal untuk bisa diajari jd terampil. Yang penting orangnya betahan, n bisa cocok n ngikutin dengan segala aturan dan standarnya Mama :)

Agustus:
Kembali ke Belgia untuk re-exam, merayakan lebaran seorang diri. Summer yang mendung.

September:
Sakit fisik gara2 stress. Satu moment yang mengubah cara pandangku terhadap kehidupan. Dan kembali shock setelah tahu bahwa aku kembali gagal pada 1 mata kuliah. Memutuskan 1 topik sebagai pilihan thesisku. Kembali ke Indo sebentar dan had a good time with Pappa n Saskia sebelum memulai semester baru.

Oktober:
Rajin ikut pengajian online, banyak dapat teman Indo baru, senangnya punya komunitas muslimah di negeri yang penuh dengan orang atheis. Semoga ikut ketularan sholehah juga. 

November:
Mulai stress tugas2. Kecapekan secara fisik dengan kuliah yang jadi banyak di Brussels dari pada di Leuven-nya. Saskia banyak perkembangan dalam berbicara :) Presentasi singkat di kelas untuk pertama kalinya dalam bahasa Inggris di sini.

Desember:
Presentasi dalam bahasa Inggris untuk mata kuliah Social Political yang lumayan sukses :) Menjelang libur tapi tugas menumpuk, dan makin menumpuk setelah libur dengan tingkat stress tinggi. Alhamdulillah insya Allah semuanya akan lancar n selesai sebelum waktunya :) Kabar bahagia lainnya, Mas Yudha dapat beasiswa Stuned untuk kursus selama 3 bulan di Belanda Februari-Mei 2012 :) Alhamdulillah :) :) :)

Alhamdulillah atas semua rahmat, rezeki, karunia dan segala pelajaran kehidupan yang telah Engkau berikan kepadaku ya Allah. Semoga menjadikan aku manusia yang lebih baik lagi di mataMu.


1 comment:

  1. inget banget mam?
    dicatet semua ya...
    kayak kaleidoskop ni :D
    over all
    Alhamdulillah 2011
    dilewati dengan baik
    Allah memberi kita banyak sekali nikmat
    dan yang paling penting
    2012
    kualitas kita harus terus meningkat
    istriku sekaligus patner hidupku
    ayo bersemangat :)
    saling memebri semangat
    mengingatkan dalam kebaikan
    oya...
    kita dah punya anak
    halo saskiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    :)
    I love u
    kamu adalah semangat nya pappa
    selalu sehat , cerdas, sholehah , amiinn

    ReplyDelete