Friday 17 February 2012

Hasil Ujian Semester 3

Keluar juga hasil ujian semester ini kemarin sore.. daaan hasilnya adalaaaah...

Alhamdulillah lulus semua :)

Dua subjek yang kuharapkan dapat nilai bagus karena profesornya adalah promotorku, malah nilainya biasa aja.. Well, ya sebenarnya bagus juga, memenuhi syarat lah buat kontribusi grading bekal lulus dengan predikat (insya Allah) cum laude :P tapi gak luar biasa. Gara2 aku merasa aman. Maksudnya, karena aku 'merasa' suka dengan mata kuliah ini (makanya topik thesis pilihanku gak jauh2 dari ini...) dan 'merasa' sudah lumayan ngerti, aku jadi santai, karena, sekali lagi, aku 'merasa' tanpa belajar aja aku yakin pasti bisalah lulus. Akibatnya, persiapan ujian dan presentasi minim banget. Alhasil pas ujian malah agak nervous, jadi ada pertanyaan yang gak bisa kujawab dengan baik. Ada beban terselubung, lagi, karena itu profesor adalah promotor thesisku, jadi ada tekanan tidak langsung dari dalam diri bahwa aku mesti dapat nilai bagus.. yang ada hasilnya gak terlalu istimewa..

Sebaliknya, 2 subjek yang aku hanya berharap lulus, berapapun nilainya, (bahkan 1 subjek di antaranya sempat bikin aku desperado di tengah jalan.. sempat kepikiran terancam gak lulus nih) hasilnya malah di luar dugaan.. 1 nilai bagus banget, dan 1 nilai outstanding :) ..karena aku merasa gak aman, jadi malah aku kasih porsi lebih besar untuk ngerjain tugasnya, persiapan presentasi dan belajar sampai benar2 mengerti.. pokoknya persiapannya muateng buanget.. Alhasil, pas hari ujian dan presentasi alhamdulillah lancar jaya.. dan aku merasa santai banget.. menjawab pertanyaan dari profesor juga mengalir begitu aja.. entah bagaimana otakku bisa dapat ide dalam sekejap untuk menjawab pertanyaan2 mereka..

Satu subjek lagi, ya biasa aja, gak bagus banget, tapi juga gak mepet mendekati batas sekedar lulus :D tapi aku pikir layak, karena aku juga gak mencurahkan banyak waktu dan tenaga untuk itu..

Kalau thesis proposal dan presentasinya cuma dapat predikat lulus, tanpa ada nilainya.. nilainya sih bakal digabung sama nilai thesis nanti pada akhirnya..

So, selamaaatt ya hasil kerja kerasnya selama 1.5 bulan jungkir balik ngerjain tugas dan belajar..!!! gak peduli siang malam.. baru tidur di atas jam 3 pagi, nyaris hampir setiap hari.. kayaknya merasa bersalah gitu kalo kebanyakan tidur.. bahkan sampai mengorbankan waktu skype-an sama Saskia di akhir minggu.. terbayar sudah.. alhamdulillah dapat hadiah indah pula.. Pappa Saskia dapat rezeki beasiswa training 3 bulan di Belanda.

Momennya itu lho pas buanget.. Aku selesai ujian tanggal 3 Februari, Mas Yudha datang 4 hari kemudian.. Bayangkan kalo datengnya di awal musim ujian, gak konsen dah, n jadi rugi waktu untuk bersama2 juga :)

Alhamdulillah :)


Kesimpulan: kalau melakukan sesuatu dengan pikiran nothing to lose, jadinya malah kita mengerjakannya dengan santai, karena tidak ada beban ambisi dan target yang harus dicapai.. hasilnya malah maksimal.

No comments:

Post a Comment