Friday 17 February 2012

Welkom in Europa, Schatje! :)

Seperti yang ditulis di postingan sebelumnya, Mas Yudha dapat beasiswa training di IHS Rotterdam, Belanda. Alhamdulillah senangnya, datang di waktu yang paaas bener.. Aku sudah selesai ujian.. Mas Yudha juga pas 2 minggu sebelumnya hari terakhir kursus persiapan kuliah di US.. TOEFL dan GRE score sudah melampaui syarat.. Benar2 waktu yang tepat.

Kado yang indah buat ulang tahunku yang ke 30 :) Alhamdulillah.

Kebetulan pula semester ini sudah tidak ada kuliah rutin, kecuali yang aku ngulang itu, hehe.. tapi gak wajib datang juga.. lainnya 'cuma' thesis dan integrated project yang waktunya relatif fleksible.. rencananya, sementara waktu pindah dulu deh ke Rotterdam :P kalau perlu ketemu supervisor atau profesor baru deh ke Leuven :D kalau perlu konsultasi lewat skype ajah dah :))

Karena Mas Yudha  mau datang tanggal 7, jadinya sehari sebelumnya aku ke Rotterdam.. kebetulan ada teman di sana (Irha) yang kebetulan pula suaminya sedang balik ke Indo, jadi bisa deh numpang barang semalem :) Gak jemput ke bandara soalnya Mas Yudha sudah ada yang jemput dari pihak IHS, lagian yang dijemput ada beberapa.. males aja kalo cuma dateng bentar ke bandara terus langsung balik lagi.. Transport lumayan mahal, bo.. sekitar 11 EUR sekali jalan.. bolak balik aja sudah 22 EUR. Kalo sekalian main di Amsterdam sih gak apa2.. tapi kalau jemput langsung balik mah, mending uangnya buat belanja :)

Karena ini baru pertama kalinya mau naik kereta internasional keluar Belgia,  sendirian pula.. jadi perlu survei dan tanya sana sini.. supaya gak bingung di jalan. Harga tiket, jadwal berangkat dan sampai, stasiun yang dilalui semua harus diketahui sebelum berangkat. Termasuk suasana dan rute jalan dari stasiun ke flat. Terima kasih terhadap perkembangan teknologi yang sudah sangat canggihnya, semua itu jadi mungkin di jaman sekarang.

Kereta dari Brussels menuju Rotterdam berangkat dari stasiun Brussels Midi/Zuid dan berhenti di Brussels Central. Thanks juga buat Indra yang sudah kasih tau soal itu. Karena kurang teliti, tadinya aku pikir kereta itu bakal berhenti di Brussels Noord juga, dan aku berniat berangkat dari situ berhubung aku sudah lumayan familiar dengan suasananya. Alhamdulillah dapat petunjuk semalam sebelumnya, kalo enggak bisa bengong deh lihat itu kereta cuma numpang lewat doang di Brussels Noord.

Berhubung belum tau loket beli tiket di Brussels Central and Midi, yang sebenarnya gampang aja sih dicari.. Cuma kali ini aku pilih beli online aja, dengan pinjaman CC-nya Nino. Nanti tiketnya dikirim lewat email, terus diprint sendiri deh. Di tiket itu ada bar code nya.. Itu yang dipakai buat ngecek tiket oleh petugas di kereta nanti pakai alat scan gitu..

Kebiasaan sih ini, aku, terutama kalo pergi sendiri, maunya persiapannya matang, gak mau bingung sendirian di jalan. Jadi kan sampe stasiun tinggal cari spoor dan berangkat, ga usah beli tiket lagi. Harganya, 28.6 EUR untuk tiket one way orang dewasa (26-59 tahun). 

Lumayan dekat Brussels-Rotterdam itu. Cuma makan waktu 1 jam 46 menit  saja naik kereta. Keretanya ada setiap jam. Lebih lama naik kereta Jakarta-Bandung. Kereta ini melewati stasiun Mechelen - Antwerpen Centraal - Roosendaal - Dordrecht - Rotterdam  Centraal. Sebenarnya ini kereta berakhir di Amsterdam Central (kalau gak salah), dan ngelewatin bandara Schiphol. Jadi orang2 yang naik kereta ini banyak juga yang bawa koper2 besar. 

Berhubung Rotterdam bukan stasiun terakhir, jadi gak boleh ketiduran nih, bisa2 kebawa sampai Amsterdam. Padahal kemarin itu ngantuk banget, yeah akumulasi kurang tidur selama 1.5 bulan. Dan 3 hari setelah ujian malah sibuk beberes, bebersih, belanja, n masak2 (siomay, bakwan sayur+jagung, sop daging, tempe, lupis) bersama Elly, Nino dan Mbak Tami. Belum lagi ngecek persiapan Mas Yudha kemari, terus skypean sama Saskia sepuasnya :)

Akhirnya sampe di Rotterdam Centraal dijemput juga sama Irha. Aku pasin datangnya jam dia pulang kuliah. Soalnya suhu masih dingin buanget.. sekitar -6 sampai -10 derajat celsius kalo gak salah ingat. Kalau suhunya bagus, bisa jalan2 dulu deh sambil nunggu. Tapi kalo begini mah, pengennya masuk ruangan yang hangat.

Terus, yaudah deh, semaleman kami tukar cerita sampai ngantuk.

Besok paginya, sekitar jam 11, datanglah Mas Yudha :)

Selain orangnya yang sangat kunanti2 kedatangannya, lainnya adalah barang bawaannya :)) seperti: bandeng presto vakum yang awet 3 bulan di suhu kamar bahkan bisa sampai 6 bulan kalau ditaro di kulkas. Empal daging buatan Mama, serundeng buatan Mama Sih, kacang teri buatan Mama Tin.. Sari kurma,  habbatussauda.. Juga pesenanku, souvenir buat profesor, supervisor dan teman2 nanti.. Dan ternyata, masih banyak lagi..! 

Senangnyaa aku kayaa.. banyak persediaan makanan enak :) lumayan bisa ngirit belanja bahan pangan.

Alhamdulillaaah.. akhirnya kesampaian juga bisa berduaan sama Mas Yudha di Eropa :) langsung deh bikin jadwal dan rencana mau jalan2 ke mana :) :) :)

Welkom in Europa, Schatje! :)

No comments:

Post a Comment