Friday 17 February 2012

Minggu Pertama Mas Yudha di Eropa

Walau sudah hampir 1.5 tahun di Belgia, dan setiap minggu ada kuliah di Vrije Universiteit Brussels (VUB), bahkan semester 3 kemarin 3x dalam seminggu kuliah di VUB, atau di area Etterbeek tepatnya. Tapi belum 1 x pun aku jalan2 di Brussels. Sampai bolak balik diledekin Mas Yudha, masa belum ketemu Manekkin Piss..

Jadilah minggu pertama Mas Yudha di Eropa, kami ke Leuven, berkunjung ke asramaku di Arenberg. Katanya kasian lihat asramaku, menyedihkan.. Aku tinggal di lantai 4 (di sini lantai pertama disebut lantai nol, jadi sama aja aku di lantai 5). Tidak ada lift. Lantainya jadul. Gak pake karpet. Dindingnya bata terekspose. Pemanas ruangannya pun edisi jadul yang gede, bentuknya pipa2 gitu, yang nyetelnya mesti diputer2 krannya. Beda sama kamarnya dia yang jauh lebih modern. Kamarku pun jauh lebih kecil daripada kamar dia di Weenapad. 

Lain kali aku bikin tulisan khusus deh soal banding2an asrama ini.

Intinya adalah bagaimanapun aku lebih suka asramaku. Bukan cuma lebih murah :) (biaya sebulan di Arenberg baru aja naik jadi 197 EUR dari 184 EUR semester lalu, sedangkan di Weenapad 450 EUR, weeekkks) tapi asrama ini benar2 didesain untuk kebutuhan pelajar di sini, enak banget deh.. walau sederhana dan berkesan old, tapi komplit, lengkap, aku ga ada komplain sama sekali deh tinggal di asrama ini. Cuma 1 sih, itu lift kalo ada, akan lebih menyenangkan :) eh tapi untuk orang yang males olah raga sepertiku tangga ini jadi bermanfaat sekali.. Allah emang tau yang terbaik untuk hambaNya :)

Ok deh, insya Allah edisi asrama di tulisan berikutnya, atau berikutnya lagi, atau berikut berikutnya lagi :)

Oh ya Sabtu pagi jalan2 di sekitar kampus.. akhirnya punya fotografer gratis, hehe yang bisa dimintain tolong fotoin aku sepuas2nya sampe hasilnya oke :D

Tapi sebelum menjelajah semua area kampus, sudah keburu kedinginan, gak kuat deh, kaki dan tangan yang sampe sakit n kaku.

Siangnya skype-an sama Saskia.. Saskia tadinya bingung lihat papanya di skype.. Tapi habis itu dia terlihat senang sekali :) Bahkan biasanya kalo skype-an sama aku gak betahan, 5 menit aja mau duduk di depan monitor udah bagus.. biasanya terus ke sana ke mari. Lha ini ada papanya senang sekali, Saskia anteng duduk becandaan sama papanya, ketawa2. Huuuu..

Bolak balik main 'Pappa mana?.. Mamma mana?..' Kami yang gantian ngumpet-muncul-ngumpet-muncul di depan monitor.. hehehe.

Habis main sama Saskia, lalu kami ke Spit / Kringwinkel, toko barang bekas, salah satu tempat favoritku di Leuven. Kalau beruntung, bisa dapet barang bagus murah meriah. Kami ke sana untuk beli keperluan Mas Yudha selama 3 bulan tinggal di sini. Gak mungkin kan mondar mandir Leuven-Rotterdam bawa alat2 dapur /  makan punyaku.

Lain kali kubahas juga deh soal Kringwinkel ini.

Sorenya kami ke centrum. Beli wafel. Terus beli jaket buat Mas Yudha. Terus cari kado kecil untuk anaknya Agung-Kiki, karena rencana habis itu kami mau langsung ke LLN. Kebetulan anaknya cewek juga dan seumuran sama Saskia, cuma beda beberapa minggu. Oh ya, dari Agung juga Mas Yudha tau soal beasiswa VLIR.

Ceritanya mau datang tiba2. Untuk memastikan mereka ada di rumah, aku sms Kiki, tapi gak bilang kalo mau datang sama Mas Yudha.

Tadinya niatnya mau bertamu barang 2-3 jam aja.. tapi yaa namanya juga mereka teman lama, dan lama gak ketemu, mana cukup ngobrol sebentar.. akhirnya disuruh nginep.. lagian emang udah malem banget sih kami datang, jam 8an gitu. Ya nginep deh jadinya. 

Besoknya, memanfaatkan kesalahan pembelian tiket (tadinya mau beli tiket return, malah jadinya one way, gara2 misunderstanding n sempat berantem sebentar di kereta menuju LLN soal ini), jadilah besoknya kami dadakan aja mau ke Brussels.. eh Agung malah mau nemenin.. kapan lagi jalan2 sama Christanto katanya.. kebetulan, ternyata kontrak kerjanya habis, jadi bulan depan dia mau balik Indo. Yo wes lah alhamdulillah, jadi ada tour guide, lumayan hemat waktu n tenaga buat nanya ke sana kemari di jalan :) mana Mas Yudha kan baru sampe sini jadi belum ngerti sistem transportasi di sini.. Akunya juga gak gaul, gak ngerti jalan, gak pernah jalan2 di Brussels.. Tadinya niatnya bener2 mau modal tanya orang di jalan aja..

Jadilah kami ber-5 ke Brussels.

Menjalankan misi Mas Yudha: ke kantor Uni Eropa, nengok Manekkin Piss dan ke Atomium (kalo yang terakhir itu keinginanku deng :)

Turun di Brussels Schuman, kami ke kantor Uni Eropa, bener2 cuma numpang foto doang :) Sudah cukup, bukti sampe sana :) habis itu lanjut naik metro. Sebelumnya beli kartu yang 10 trips di mesin, 13 EUR.

Tujuan selanjutnya, Manekkin Piss. Kalo lihat dan dengar cerita orang kan letaknya itu di gang.. tadinya kupikir benar2 gang, alias sempit gitu, kayak gang di Indo, ternyata agak lebar, emang cuma boleh lewat pejalan kaki aja... di sepanjang jalan menuju ke sana banyak toko2 souvenir dan coklat.. kayaknya lucu2, tapi lain kali aja deh, yang penting Manekkin Piss dulu.. 

Daaaan, walau aku sudah sering dengar pula kalau itu bocah pipis cuma patung kecil doang, benar2 gak nyangka kalo dia sekecil itu! Ealah bocaaaah.. kenapa bisa sampai ngetop gitu ya.. Ada beberapa versi cerita di balik patung ini, yang paling terkenal sih, pada abad 14, saat Brussels dikepung pasukan asing, ada anak kecil yang mipisin bom sehingga gak jadi meledak dan meyelamatkan kota.

Kalau bukan karena Mas Yudha yang penasaran, kayanya aku gak bakal tuh jauh2 lihat itu patung, hehe.. Oh ya habis foto2 sama Manekkin Piss kami beli wafel dengan topping coklat meleleh, hmmm hangat2 begini enak bener.. Kalo wafelnya aja sih 1.5 EUR, topping coklatnya 1 EUR sendiri. 

Lanjut makan siang.. makan menu ayam di Hector. Ditraktir pula.. alhamdulillah.. emang kalo dingin begini perut gampang keroncongan.

Habis makan, kunjungan terakhir adalah ke Atomium. Foto2 aja dengan background Atomium. Gak naik ke atas. Oh ya di area situ ada Mini Europe macam di Madurodam, tapi katanya lebih bagus yang di Belanda itu.

Terus pulang deh dengan hati riang, kesampaian juga jalan2 di Brussels :) eh sebenarnya gak riang2 amat karena Mas Yudha mesti balik ke Rotterdam malam itu juga.. dan aku akan nyusul lusanya. Besoknya ada janjian sama supervisor. Mudah2an walau ada Mas Yudha tetep konsen sama thesis ya.. 

Aku sekarang ngerti deh maksudnya Allah tidak meloloskan Mas Yudha dapat beasiswa sekolah di Leuven. Yaitu karenaaaa, kalau ada dia jadi susah belajar... bawaannya pengen jalan2 aja :) kalaupun di rumah ya susah fokus juga karena pengennya ngobrol, lha ada temennya :) 


No comments:

Post a Comment