Monday 16 November 2009

Dyah/Diah Yang Mana..?

Menurutmu nama (perempuan) apa yang paling pasaran di Indonesia...? Hmmm... di pulau Jawa tepatnya... Dewi? Indah? Sari?... atau Putri..?

Well, kalau menurut aku, nama yang paling pasaran untuk perempuan di pulau Jawa adalah... : Diah or Dyah... Intinya itulah.. sama aja tho bunyinya...

Dimulai dariiii... enyak ku sendiri... Begitu pula nama kakak n adik kandungnya... (btw, mbahku ini kurang kreatif juga ngasih nama 3 anak perempuannya dengan nama depan yang sama... Untunglah nama panjangannya n nama panggilannya beda2).

Waktu SD dan SMP kalau ga salah juga punya teman sekolah dengan nama itu tapi cuma 1-2... Itu pun aku ga akrab.... so ga masalah.. Jadi masalahnya di mana..?

Dimulai dari punya tetangga yang juga teman SMU dengan nama Dyah K... yang di kemudian hari berhasil 'menjerumuskan'ku (hehe...lebay ah... thx anyway.. karena di sini pula lah aku menemukan jodohku.. :) masuk di instansi di mana aku merasa terjebak untuk terlibat dalam sistem birokrasi yang yang seringkali tidak jelas batas antara hitam dan putih...

Selanjutnya, di bagian yang sama, lupa gimana mulanya... mungkin karena kantornya sebelahan, sama2 anak kos yang kos nya juga deketan... dan karena dalam beberapa hal kami punya kesamaan sehingga berteman pula lah aku dengan orang bernama Diah... Sebut aja namanya Diah N.... Nah, Diah N. ini sobatan dengan Diah S... Jadi kadang aku suka pergi bertiga dengan 2 orang bernama Diah dimana mereka pun Diah N. dan Diah S. masing2 saling memanggil dengan nama yang sama... *bingung mode on* *kayak ga ada alternatif panggilan lain aja*

Karena aku cukup dekat dengan Diah Dyah itu, susahnya kalau aku lagi cerita tentang Diah ke orang lain, ke calon suamiku misalnya... pastilah pertanyaannya... "Diah yang mana nih?"

Lain cerita... suatu hari pernah juga ada yang tanya ke aku dengan yakinnya.. "Kamu anaknya Bu Dyah ya?" walau heran dari mana mereka kenal ibuku, dengan mantap kujawab "Iya. Kok tahu?" Setelah orang itu tanya2 hal lain yang ga nyambung, barulah aku sadar bahwa yang dimaksud adalah wanita tua yang punya posisi di bagian di mana aku berada... Ya aku ralatlah... Ibuku punya nama yang sama..., tapi bukan yang ituuuu....

Selanjutnya... makin banyak aja yang mengira aku anak beliau... Katanya mukaku mirip sama ibu itu... Huuuh... mirip apanya..? Mirip dari Hong Kong..?? Jauh lah yauw... Jauh lebih cantikan akuuu... hihihi...

Lalu, beberapa waktu yang lalu sebelum menikah, aku berencana untuk pindah ke Bandung... well, atas permintaan calon suami waktu itu... Tanya sana sini... sampailah pada suatu informasi di mana untuk urusan mutasi, maka yang suka ngurusin namanya Bu Diah... (juga?!) Ok. Jadilah kuurus ke Ibu Diah mutasi...

Selanjutnya, aku harus cari informasi juga ke tempat yang akan menerima... Karena calon suamiku waktu itu kebetulan ada urusan kerjaan juga ke tempat di mana aku akan pindah.., maka dia sekalian cari info juga di sana, di bagian mana kira2 aku bisa pindah... Bertemulah dia dengan dengan seseorang yang (lagi-lagi) bernama Diah! Diah yang ini sudah cukup familiar karena sama2 satu angkatan masuk instansi... cuma ga pernah akrab aja.

Maka ketika calon suamiku telfon dan bilang, "Dek, kenal Diah R. ga? Satu angkatan masuk sama kita... Tau gak, ternyata dia udah duluan pindah ke sini... Jadi nanti temanmu di sini namanya Diah juga... hahaha."

What?? Again..?!!

No comments:

Post a Comment