Tuesday 3 November 2009

Perjuangan Melawan TOEFL

Iya aku tau kalau keahlian berbahasa merupakan bakat, seperti juga seni..sehingga tidak semua orang dikaruniai bakat berbahasa yang luar biasa... Ada yang dari kecil tidak pernah les bahasa Inggris tapi ngomong inggrisnya cas cis cus... padahal modalnya cuma sering2 nonton film berbahasa Inggris... ada yang dari SD leeesss terus tapi kemampuannya tetap di bawah standar... Yah apa mau dikata..kalau kita termasuk orang yang kemampuannya pas2an dan ingin punya kemampuan lebih ya berarti usahanya harus berkali2 lipat daripada orang yang memang udah bakat dari sononya..


Aku lagi ngomongin tentang TOEFL. Kalau dihitung2, kalau tidak salah hitung juga nih... aku tuh udah pernah ambil tes TOEFL sekitar... hmm... 1...2...3... hmmm... 4...5...6...hmm... 7...8...9...sep...puluh... what..??! 11..??! Yup 11x!!! Kenapa aku bisa sampe tes sebanyak itu...padahal kita tau biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit untuk sekali tes alias untuk ukuranku segitu tuh banyak banget...


Tes pertama, waktu baru lulus kuliah...iseng-iseng doang ... pengen tau aja kemampuan bahasa Inggrisku... Lokasi tes di lembaga les LIA di kota tempat tinggalku...biayanya 100 ribu rupiah. Cukup besar untuk ukuran anak baru lulus kuliah yang dengan uang saku 200 ribu per bulan... Hasilnya: 448. Yeaaah lumayan lah...tahap perkenalan...kan baru pertama, belum pernah latihan soalnya, lagi, jadi aku jg baru tau kalo model soal2 TOEFL tuh kaya gitu toh...


Tes kedua, dalam rangka mau daftar CPNS. Karena di kota tempat tinggalku tes TOEFL dari lembaga yang ditunjuk tidak rutin mengadakan tes, disebabkan oleh jumlah peminat tes yang kurang...sehingga tes hanya diadakan bila jumlah pesertanya memenuhi suatu quota tertentu...maka berangkatlah aku ke kota tetangga yang konon karena banyak peminatnya sehingga tes TOEFL rutin diadakan 1 minggu 1x, bahkan 2x bila tiba musim penerimaan CPNS atau mahasiswa... Hasilnya: 448. Stabil. Baguslah at least kemampuanku tidak menurun walau belajarnya dadakan. Tapi belum memenuhi nilai minimal yang disyaratkan, yaitu 475.


Tes ke-3. Karena waktu yang semakin mepet, maka berkat saran temen, aku ambil tes lagi di lembaga bahasa di universitas negeri di kota tempat tinggal...walaupun dalam persyaratannya lembaga yang ditunjuk bukan itu. Hasilnya: aku lupa tapi seingatku >450 tapi <475.


Tes ke-4. Ternyata eh ternyata... ada perubahan persyaratan (mungkin karena yang memenuhi syarat sedikit ya...)...nilai minimal 475 berubah menjadi 450. Jadilah kukirim aja tuh yang hasil dari tes di lembaga bahasa di universitas negeri di kota tempat tinggalku. Tapi karena kurang yakin, apakah hasil tes dari lembaga itu akan bisa akui atau tidak, lagi2 karena saran n pompa semangat dari temen, akhirnya aku tes lagi dah...lagi2 di kota tetangga. Hasilnya: jreng jreng jreng...463.. Yess! Memenuhi syarat sekarang... Akhirnya...


Tes ke-5 dalam rangka ingin menimba ilmu ke negeri orang... Cuma karena waktu itu niatku untuk sekolah masih setengah2...(karena lebih niat untuk nikah dulu baru sekolah) n ikut2an temen karena temenku ada yang udah niat banget, jadinya belajarku belum maksimal. Lokasi tes di NESO Jakarta. Biayanya (masih) $27.5. Hasilnya: 498.


Tes ke-6, motivasi idem atas. Lokasi di AMINEF Jakarta. Hasilnya: idem juga.


Tes ke-7, temenku udah berangkat ke Negeri Penjajah. Jadinya aku cari temen lain yaitu calon suami yang rela datang jauh dari Bandung dengan motivasi yang sama yaitu untuk dapet scholarship. Lokasi NESO. Hasilnya: 507. Yess! At least ada peningkatan kan...


Tes ke-8, masih ditemenin calon suamiku. Biaya tes naik (oh no...!) jadi $30. Lokasi: NESO. Hasilnya: 517. Kembali ada peningkatan... :)


Tes ke-9, masih ditemenin sama calonku. Lokasi: NESO. Hasilnya: 527. Horee... Poin terus menanjak :)


Tes ke-10, sendirian. Calon suami agak kapok, katanya buang2 duit aja kalau persiapannya tidak matang....oh ya btw dia juga belum mencapai target...11-12 lah sama aku... Lokasi: NESO. Hasilnya: 507. Yaaaahhh.... turun lagi... (dan aku mengkambinghitamkan kesibukanku menjelang pernikahan yang mengakibatkan aku jadi ga bisa belajar maksimal...)


Tes ke-11, rabu kemarin, tanggal 28 oktober 2009, sudah menikah. Aku udah pindah kota, ngikut suami tercinta... Lagi2 kami tes bareng di suatu lembaga bahasa di universitas negeri di kota ini. Biaya 330 ribu... Hasilnya: ... eng ing eng... belum keluar... Hari Senin depan katanya. Ni lagi berharap-harap cemas... Semoga kali ini berhasil... Amiiin... Maka tunggulah di postingan selanjutnya...

No comments:

Post a Comment