Monday 15 November 2010

Balada Pensil Mekanikku

Aku kehilangan pensil mekanikku lagi! Sebel! Lupa kapan dan di mana... Seingatku pas kuliah GIS di VUB kemarin Jum'at masih kupakai. Terus gak ingat lagi pas kuliah Groundwater sorenya masih kupakai atau tidak. Secara aku cuma buka pencil case di saat kuliah, berarti besar kemungkinan itu pensil hilangnya di kelas kalau gak GIS ya Groundwater :(

Padahal itu pensil aku suka, warnanya kuning. Sengaja pilih warna yang mencolok supaya eyecatching... Supaya kalau jatuh atau ketlingsut gampang ketemu... Baru 2 bulanan ini jadi milikku. Aku beli sebelum berangkat ke sini. Waktu itu kupikir buat cadangan siapa tau yang satunya macet atau hilang. Masih ada label harganya pula. Sekarang hilang :((

Entah sudah yang ke berapa kali nih aku kehilangan pensil mekanik. Hilangnya biasanya karena (dicurigai) ketinggalan di kelas... 

Ajaibnyaaaaa... Ya, ajaibnya, saudara2... Alhamdulillah aku masih punya 1 pensil mekanik lain yang betaaaaah banget punya majikan sepertiku, yang sudah kumiliki sejak... hmmm aku lupa kapan persisnya... Yang pasti seingatku sejak aku SMP. Yang artinyaaaaaa.... sekitar 13-15 tahun yang lalu! (baru nyadar, sudah tua juga aku sekarang). Yup, sekitar segitulah kira2. soalnya aku ingat banget belinya di TB Gunung Agung, Cirebon Mal.

Gak terlalu istimewa sih bentuknya, lurus, polos, tanpa ornamen apapun. Hitam warnanya. Mereknya apa ya ini sudah samar2 tulisannya... Tapi masih kebaca: TOMBOW. Cantolan buat ditaro di sakunya juga sudah patah sejak lama.

Yang membuatnya istimewa adalaaaaah... Pensil ini selain enak banget digunakan, ergonomis --paaaaas banget di jari2ku gituuu--, juga ujung moncongnya yang tempat keluarnya isi pensil itu selalu lancar, gak pernah macet... Cetek2annya (lha opo to iki istilahe, tapi mudeng tho maksudnya??) gak pernah bermasalah... Intinya, kalau disuruh kasih nilai 1-10, aku bakal kasih nilai 11! Saking memuaskannya... 

Walaupuuun secara penampilan sih amat sangat sederhana sekaliiiii... (Yeah maka dari itulah jangan suka meremehkan orang yang penampilannya biasa2 aja... Bisa jadi dia punya kemampuan yang besaaarrrr). 

Ini pensil setia sekali dengan diriku... Sampai terharu aku dibuatnya... Bagaimana tidak, entah sudah berapa kali pensil ini (tadinya kupikir) hilang... tapi selalu balik lagi, ketemu lagi...! Bolak balik ketinggalan di ruang kelas sekolah lah... kebawa teman lah... ketinggalan di kelas les bahasa Inggris lah... Tapi ya itu... besoknya ketika kucari di kelas ketemu lagi.. kadang di laci meja, kadang di lantai kolong meja, kadang di atas meja... gak ada yang ngambil! Mungkin juga karena warnanya yang hitam polos itu ya jadi gak eyecatching.

Lain waktu ketika kucari2 di sekitar meja gak ada, tau2 nemu di tempat pensil temanku... (secara waktu itu pernah punya teman sebangku yang klepto :)) .. walaupun menurut pengakuannya sih dia suka gak sengaja aja menyapu bersih semua alat tulis yang ada di atas meja kami ke dalam tempat pensilnya... (hlah itu apa bedanya sama klepto, Chy'...? :) selanjut2nya, kalau kehilangan pensil itu dan kucari di sekitar meja gak ada, ya pastilah 'kebawa' sama teman sebangkuku itu... 

Pernah juga (semula kusangka) hilang di tempat les jaman kuliah... Berhubung les kan cuma seminggu 2 kali... jadi gak bisa langsung ngecek kelas keesokan paginya... sebelum disapu bersih sama petugas cleaning service... Waktu itu aku sudah pasrah... barangkali ini saatnya dia harus lepas dariku... Eeeee lha kok 3 hari kemudian, pas aku les lagi, teman lesku ada yang mengembalikan... :) ya dia menemukannya setelah kelas bubar, cuma berhubung aku waktu itu sudah keburu pulang dan dia tidak tau nomor kontakku jadi dia gak bisa ngasih kabar... yang bikin aku heran, dia tau lho itu pensilku... hebat juga tuh siapa namanya ya aku lupa... padahal aku, mana mungkin aku bisa mengenali bentuk pensil2 teman2ku, apalagi ketemunya jarang2... lain lagi kalau milik temen sebangkuku... lha iya masak setengah hari bersama 6 hari seminggu gak hapal barang2nya :))

Begitulah, beberapa kali juga jaman sekolah dan kuliah pensilku itu ketinggalan, tapi selalu ditemukan kembali atau dikembalikan oleh teman2ku... Jaman kerja juga begitu... Beberapa kali tergeletak begitu saja di meja alias tidak kubereskan masuk tas atau laci meja, atau ketinggalan di ruang lain pas mampir ke ruang kerja temanku... tapi selalu kembali padaku...

Sempat beberapa kali juga aku memberinya teman... karena kupikir dia sudah terlalu lama bertugas... supaya gantian kerjanya... supaya dia gak kecapekan... Tapi kok ya teman2nya itu gak ada yang kerasan... Macam bedinde jaman sekarang aja... Umurnya pendek2, dalam hitungan bulan atau minggu saja... Ya itu... beberapa ada yang ngadat, macet, rusak... beberapanya lagi raib begitu saja... seperti yang baru saja terjadi...

Mungkinkah pensilku ini cemburu..?? sehingga dia tidak mau punya saingan. Ataukah memang dianya aja yang setia...?? tidak seperti mantan2 pensilku lainnya... Bayangkan, dialah saksi hidup (???) yang menemaniku, mencatat, menggambar, mengerjakan tugas2 dan soal2, baik ketika belajar maupun ujian... Ibaratnya, selain Tuhan dan aku, dia juga tau gimana panik dan bingungnya aku kalau gak ada ide buat ngerjain soal ujian... terutama soal hitung2an... karena biasanya kalau aku gak tau jawabannya aku suka coba ngarang2 bikin teori sendiri... n ngerjain pakai pensil... soalnya bakal bolak balik salah, jadi ngapusnya lebih gampang daripada ngerjain pakai pulpen...


Dari jaman SMP, SMU, S1, kemudian bekerja, dan kembali sekolah... Dari belum kenal pacaran sampai menikah dan punya anak... Dari era orde baru sampai reformasi... Dari jaman presiden Soeharto, Habibie, Gus Dur, Mega dan sekarang SBY periode II... Dari masih tinggal sama orang tua di rumah dinas, kemudian pindah ke rumah (ortu) sendiri, terus ngekos pindah 2x, pindah lagi ke rumah kontrakan bareng suami, dan sekarang ngekos (lagi) di asrama... Dari Cirebon, ke Semarang, Jakarta, Bandung sampai Leuven... Dari jaman aku belum kenal komputer (apalagi internet) sampai sekarang di mana laptop dan internet merupakan kebutuhan primer yang setara dengan nasi... Dari jaman aku belum (bahkan kebayang pun tidak untuk) punya handphone sampai era skype-an... Ruarrrr biasa!

Jadi terharuuuuu... Setianya dirimuuuuu... Ini dia wujudnya:



Tetaplah setia padaku ya pensilku sayang... sampai aku lulus S2, atau mungkin S3 nanti... Setialah menemani perjalananku jadi orang sukses, yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa... (Amiiiiiiiinnnn!) Bahkan kalau bisa nanti aku wariskan juga lah ke Saskia :D

1 comment:

  1. sebatang pensil yang inspiratif,, hehehe,, jadi cemburu,, :)

    ReplyDelete