Friday 5 November 2010

Perlu MHMMD, Menerapkannya, Sekarang!

Setelah kejadian kemarin (baca posting sebelumnya) langsung teringat dengan bukunya Ibu Marwah Daud Ibrahim tentang Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD). Aku baca buku itu waktu di Bandung, punyanya Mas Yudha. Waktu itu sih mikirnya 'oh ya buku ini bagus juga'. Pengalamannya Ibu Marwah juga inspiratif sekali. 

Bayangkan, jaman dulu lho, wanita pula, yang berasal dari kota kecil di Sulsel, di usia 28 tahun (=usiaku sekarang) memulai sekolah S3 di Amerika dalam keadaan hamil 7 bulan. Karena aku seorang wanita dan sudah merasakan hamil dan punya bayi, dan sekarang aku juga kuliah di luar, kebayang deh bagaimana super woman-nya ibu ini. Pertama, hamil itu mempengaruhi kondisi fisik n psikis: gampang capek, pegel, ngantuk.. udah gitu jadi lebih sensitif, gampang emosi.. bawaannya ngapa2in males, pengennya tiduran... (ups itu mah bawaan lahir kali ya).. habis itu, punya bayi.. masih ingat awal2 punya bayi, kayaknya waktu habis cuma untuk ngurusin bayi doang... dan kuliah di luar bukanlah hal yang gampang.. Ini aja aku kuliah cuma mikir diri sendiri aja kewalahan... Lha Ibu Marwah, melakukan apa yang kulakukan saat ini (bahkan bukan sekolah S2, tapi S3, dan lulus tepat waktu, tercepat kedua di antara teman2 seangkatannya) sambil hamil 2x n punya anak yang diurusinya sendiri... Wow... Two thumbs up!




Tapi seperti buku2 yang pernah kubaca sebelumnya, setelah baca ya berusaha untuk menerapkan.. tapi seiring berjalannya waktu suka tidak konsisten... dan kemudian melupakannya... Tadinya waktu mau berangkat ke sini sempet kepikiran tuh, jadi kubawa buku itu. Cuma gara2 bagasi overload jadinya kuturunin deh... Sekarang baru inget lagi bahwa aku benar benar benar benar benar perlu banget untuk menerapkan itu...! (Urgent level 1!)

Gimana enggak, aku kan orangnya santai banget. Eh gak santai banget deng, tapi santai buangeeettt! Seneng merencanakan sesuatu tapi cuma sedikit yang benar2 terlaksana. Udah gitu sering nunda2 pekerjaan.. Apapun itu. Tau sendiri sekolah di Indo gimana santainya. Langsung kerja jadi PNS, lagi. Santai juga kerjanya, terutama setahun terakhir ini di kantor bener2 gak ada kerjaan. Sampai stress waktu itu. Bosen banget. Alhamdulillah terus hamil n punya bayi, jadi ada fokus kesibukan lain... 

Habis setahun belakangan ini otak santai, eh sekarang sekolah lagi, di luar pula. kaget pastinya. Ditambah menuanya usia, di mana daya tangkap mulai menurun. Jadinya perlu banyak waktu untuk belajar dan ngerjain tugas2nya. Sementara godaan untuk jalan2 juga besar... Mumpung di Eropa ini...

Menengok kembali ke belakang, jaman SD sampai kuliah S1, sekarang baru nyesal banget. Ngapain aja sih dulu waktuku kugunakan... Ya sejauh ini sih aku sekolahnya berhasil2 aja, dalam arti lulus tepat waktu, dengan nilai yang lumayan... Tapi aku bukan pelajar yang berprestasi juga, gak punya kegiatan lain selain sekolah... gak ikut ekskul apapun pas SMU kecuali pramuka karena emang wajib.Gak ikut kursus2 apapun untuk mengembangkan diri... (Eh pernah deng, pas kelas 3 SMU, kursus persiapan UMPTN, itu juga ikut2an teman, dan gak sukses juga.. Oh ya sama kursus nyetir mobil selama 5 hari :)) ) Olah raga juga enggak. Waktu itu sih alesannya karena... males! Bersosialisasi juga jaraaang... cuma di sekolah doang..

Mau tau dulu waktuku kuhabiskan untuk apa...??? hmmm... coba kuingat2 ya......, baca buku (hmm ini masih oke)... ngobrol di telefon berjam2 (padahal dari pagi sampai siang juga sudah ketemu di sekolah)... nonton telenovela, sinetron, serial TV, MTV... main... hunting pernak pernik boyband (the most silly thing I ever did).. berkhayal... asyik dengan pikiranku sendiri (secara aku tipikal manusia introvert). Apa manfaatnya coba sekarang...??? gak bisa ditulis di CV juga...

Jaman kuliah baru rada sadar, terus les bahasa Inggris tapi yang alakadarnya... (baca:murmer).. kalau sudah begini baru nyesal kenapa dulu gak cari tempat kursus bahasa Inggris terbaik di Semarang??? Mahal sih emang, tapi pastinya ada harga ada kualitas lah.. Kuliah juga begitu2 aja.. Gak ikut kegiatan organisasi kemahasiswaan atau kegiatan sosial apa kek... Gak pernah ikut penelitian dosen.. Gak pernah ngirim makalah apa gitu... Huh kalau kupikir2 aku ini egois banget ya, cuma mikir diri sendiri... tidak peduli lingkungan, apa yang terjadi di sekitar, tidak suka berpartisipasi... Satu2nya kegiatanku di kampus selain kuliah 'cuma' jadi asisten dosen selama 2 semester... ya cuma itu... Harusnya aku bisa melakukan lebih banyak dari itu...

Lalu kalau kita punya waktu yang sama banyaknya dengan orang lain kenapa ada orang yang bisa melakukan lebih banyak daripada aku sekarang..??? Selama ini aku cuma go with the flow aja.. Organisasi aja mesti punya visi dan misi yang jelas kan... juga kerangka kerja, pelaksanaan dan evaluasi... apalagi hidup...

Makanya aku perlu banget menerapkan MHMMD supaya tidak menyesal kemudian... Karena waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali... 




*Gambar diambil dari sini.


Sebagai langkah awal, sekarang aku mau bikin peta hidupku dulu, ibaratnya melakukan perjalanan, supaya tidak tersesat sehingga bisa mencapai tujuan dengan mulus dan lancar sesuai rencana... juga supaya kalau aku tidak tergoda untuk mengambil arah lain yang tidak sesuai dengan visi dan misiku.. bukan berarti kaku ya.., tetap fleksibel ko, selama tujuannya baik bisa2 aja... oh ya berarti bikin visi dan misi juga.

Ya Allah, semoga aku bisa istiqomah.. Amiiin.

No comments:

Post a Comment