Wednesday 29 December 2010

Yang Paling Susah

Beberapa kali teman2 menanyakan: 'susah gak kuliah di luar...?'

Ya, kalau menurutku sih, pertama kali datang itu soal bahasa... menyesuaikan diri agar terbiasa mendengar orang asli sini dan teman2 dari berbagai negara bicara pake bahasa Inggris... yang tentunya beda dengan kalo denger orang Indo ngomong bahasa Inggris (kesimpulan: kalau niat mau sekolah di luar cari les2an bahasa yang pengajarnya native speaker, terutama native speaker dari negara yang kita tuju) .. belum lagi dengan istilah2 lokal macam bahasa sehari2 gitu... ya iyalah... sama kayak orang bule kalo belajar bahasa Indo secara formal, biar udah level advance juga...  kalo kemudian terjun ke segerombolan anak2 kuliah yang gaul di Jakarta... terus denger orang2 ngomong cepet mrepet macam... 'eh lu tau gak sih... bokap nyokapnya kan tajir abis, gilaa.... rumahnya aja segede bagong... n tongkrongannya booo.... busyet dah pokoknya.... gua aja gak nyangka..!' ....nah bisa pusing gak tuh bule??? langsung berasa bego kan dia... sambil mikir... 'ini bahasa Indo juga apa??? kok belum pernah denger... beda banget sama yang dipelajari di tempat kursus... apa waktu itu diajarinnya pas aku gak masuk ya...??'

Toeng... toeng... toeng...! Ngerti kan maksudku..???

Selanjutnya... soal niat... kalau pelajaran sih aku yakin asal ada niat dan kemauan untuk belajar keras pasti bisa... Yang paling susah adalaaaaaaahh:

Memulai! Yup, maju satu langkah tuh susahnya minta ampun! 

Ya Allah... help me please... supaya fokus.... fokuss... fokuuuussssss!!!! Jauhkan lah hambaMu ini dari godaan setan malas yang terkutuk!

1 comment: