Monday 14 November 2011

Diskusi Pra Tesis

Hari ini janjian sama Niels, si PhD student yang jadi daily supervisorku, untuk bahas tentang isi tesisku lebih jauh.

Aku sih yang minta, karena waktu udah mepet bener untuk disuruh kumpulin proposal. Gimana bisa bikin proposal kalo aku sendiri ga tau sebenernya aku mau ngerjain apa untuk tesis ini.

Jadi nekat aja, walau 28 jurnal (yang dikasih 2.5 bulan yang lalu!) belum khatam juga, bahkan setengahnya pun kayaknya belum, dan yang udah dibaca pun cuma dibaca doang, tapi belum dipahami isinya.. aku nekat untuk bikin janji diskusi soal isi tesis sama dia. Bikin janji jum'at kemaren untuk ketemu senin ini.. dengan asumsi weekend sabtu minggu kemaren buat ngabisin baca papers sisanya :)) gila emaang.. mana mungkiiin :D

Yo wes, singkat kata singkat cerita, weekend kemaren sibuk baca papers, bukan cuma baca tetapi coba untuk bener2 paham.. dan cari ide, metodologi apa yang mau kuterapin... dan hasilnyaaaa... niat tinggal niat... cuma 1 paper doang khatam.. dan sebagian kecil dari beberapa paper, hahaha, parah.

Bahkan aku gak ada ide kalau misalnya dia nyuruh aku jelasin hasil dari yang kubaca dan apa ideku... yeah aku bisa jelasin tapiiii general n singkat bangetlah...

Ternyata eh ternyataaa dia gak nanya. Aku duluan yang tanya, ini apa yang mau kukerjain dan metode yang mau dipilih terserah aku atau aku ngikutin idenya dia aja? Ternyata aku disuruh ngikutin idenya... Hmm gak tau bagus atau buruk nih... Jangan2 aku cuma dijadikan alat untuk bantuin ngerjain researchnya dia.. 

Husss, gak boleh suudzon dulu ah.

Jadi begitu ketemu malah dia langsung jelasin macem2. 

Yaelah bang, tau begini mah aku ga usah capek2 dah baca berbagai macam papers dari kemaren2. Cukup baca paper draft nya dia aja. Lha wong dia cuma bahas itu doang.


Jadi ceritanyaaa.. untuk memprediksi banjir kan banyak banget faktor yang menjadi penyebab ketidakpastian tuh... yang paling ngaruh sih curah hujan, terutama ramalan curah hujan yang akan terjadi.. lha evapotranspiration or infiltrasi bisa dikira2.. faktor lain2nya macam struktur dan model juga... ketidakpastiannya lebih sedikit.. lha curah hujan?? cuma Allah yang tau pasti jumlahnya... 


Padahal itu debit dan tinggi muka air kan ya asal muasalnya dari hujan.. Jadi inilah kenapa prediksi curah hujan sangat penting... Nah faktor ketidakpastian inilah yang musti dianalisis pokoknya gak tau gimana caranya ditekan serendah mungkin! 


Si Niels mengarahkan dengan metode nonparametrik. Yang udah dia buat kan pake matriks eror 3 dimensi (tinggi muka air, waktu dan persentilnya), tidak melibatkan curah hujan.... sekarang dia pengen aku bikin lebih spesifik lagi, sehingga lebih akurat, dan si ketidakpastian itu bisa berkurang. Dia nyuruh minta 4 dimensi (+curah hujan) bahkan 5 dimensi (+slope tinggi muka air). 


Ngebayangin dulu ah 5 dimensi kira2 kayak apa ya bentuknya..




(gambar dari sini)


Astaganagaaa. Itu 3D aja yang dia buat aku masih mikir gimana cara bikinnya yak.. lha ini malah disuruh 5D.. Sekilas mah ngerti.. tapi kalo disuruh mulai, gak tau mesti mulai dari mana.


Pake teori apa, lagi.. Bayesian? Terus langkah2nya gimana? Ngitung koreksi bias, gitu?? Terus selang keyakinan???


(eh kenapa aneh gini ya kalo menyebut istilah2 teknis dalam bahasa Indo... maksudnya selang keyakinan tuh confidence interval... bahasa Indonya apa coba?)

Belum lagi ngerjain di MIKE11-nya, dari mana aku harus memulai...? Buka programnya... klik file, new file... teruss?? :)) 


Serius ah serius.

Yah begitu intinya, gimana caranya cari hubungan antara residual dan intensitas hujan, dsb. Terus dibuatlah matriksnya, hubungan antara ke-5-nya.. apakah mereka baik2 saja? :D


Kalo udah, gimana menampilkannya dan mengkomunikasikan kepada pengguna.. Apakah publik (baca: orang awam) atau sesama para insinyur, atau pihak pemerintah sebagai pembuat keputusan.. pastinya beda sasaran beda caranya..


Oh ya studi areanya (alhamdulillah) untuk 1 gauging station aja di Demer river basin. Data2 menyusul. Bakal dikasih data histori untuk 2 tahun.


Begitu dah.


Gak sabar euy pengen baca2 lebih lanjut, bikin proposal dan ngerjainnya. Sepertinya menarik nih. Menarik untuk diselesaikan secepat2nya biar cepet luluuuuss :)


Pantesan dalam lingkup teknik sipil, peminat bidang air tuh sedikit ya dibandingkan struktur bangunan atau jalan dan jembatan.. Apalagi perempuan. Ini aja aku terjerumus, dulu pengen berkarir di bidang jalan dan jembatan. 


Duluuu jaman kuliah S1 dulu ambil tugas akhir tentang jembatan... terus pernah jadi asisten kuliah perencanaan jalan raya sampai 2 periode.. terus waktu masuk kementerian ********* **** juga daftarnya sebenernya bidang jalan dan jembatan.. hlaaaahh tiba saatnya tes kompetensi sesuai bidang kok dijurusin ke sipil basah alias air... mana ga ada persiapan, beberapa hari sebelumnya dengan pedenya belajarnya materi sipil kering doang karena aku daftarnya emang sipil kering kerontang.... waktu itu sempat protes (eh nanya doang deng, karena aku masih pemalu dan penakut, waktu ituuuu) aku kan tugas akhirnya tentang jembatan, dan jelas2 aku milih bidang yang kuminati itu jalan dan transportasi, lha kenapa aku dicemplungin ke aiiiirrrr???


Seingatku (kalau gak salah yaa) waktu itu yang ikut tes sipil kering +-200 orang... yang ikut tes sipil basah +-40 orang saja.. alhamdulillah lolos.. entah karena aku jago ngerjainnya dan punya bakat terpendam di bidang air kali ya atau beruntung doang jadi tebak2anku waktu itu banyak yang bener, kebetulan soalnya pilihan ganda :))


Pas udah diterima dan orientasi terus disuruh bikin paper juga aku masih keukeuh sumeukeuh ya barangkali bisa ganti haluan, ambil topik itu tentang jalan... daaaaan tiba saatnya pembagian tempat di akhir masa orientasi dong, gak kira2 bener2 dah diceburin ke sungai.. 


...dan aku inget banget tuh waktu tes sipil air itu di sebelahku si Amul, (soalnya waktu itu dia pinjem setipku... dan ternyata pas orientasi ada permainan urutin diri sesuai tanggal lahir dia sebelahan sama aku jadi tanggal ultah kita sama ternyata) dia yang mana ternyata setelah orientasi ditempatin di jalan dan transportasi, weeekkkksss!
*curhat


Eeeh ngelantur ke mana2..


Intinya, terlanjur basah, ya sudahlah berenang sekalian :))


Kapan ya ketemu untuk diskusi sama Prof. Willems? Bingung soalnya mau diskusi apa yak.. berhubung kalo mau diskusi berarti harus punya bekal yang mau didiskusiin dong... artinya mesti banyak baca dulu.. Atau paling enggak bawa sesuatu lah gitu, macam draft proposal... biar keliatan 'ngapain aja lo selama ini' :)) Bukannya males baca n ngerjain proposal oeiy, masalahnya banyak tugas, waktu mesti dibagi2 buat yang high prioritas dulu.


Minggu depan??


Let's see...!

No comments:

Post a Comment