Thursday 10 November 2011

Presentasi Pertamaku di Sini

Sebagai seorang introvert dan pemalu sepertiku, cuap2 di depan orang banyak bukanlah hal yang gampang.. Apalagi di forum formal alias presentasi dengan topik serius alias bukan obrol2 ringan... Apalagi pakai bahasa Inggris.. 

Tapi yang namanya kuliah, manalah hal begitu bisa dihindari.. 2 semester kemarin selamat karena emang bidang kuliahku teknik banget, jadi tugas2 kebanyakan ya hitung2an, ngerjain soal2, dan dikumpulkan dalam bentuk tertulis, eh salah deng, terketik.. Cuma ada 1 mata kuliah yang ada tugas presentasinya untuk tahun lalu, tapi tugas kelompok, dan cukup 1 orang perwakilan saja yang mempresentasikan, dan bukan aku tentunya :D

Tahun kedua ini beda.. semua mata kuliah ada presentasinya, ditambah presentasi proposal thesis... Alamak!

Tapi gimana ya, mau tidak mau akan dihadapi juga... dan tadi pagi adalah presentasi pertamaku di sini, dalam kelas groundwater modelling.. Cuma presentasi pendek sih, gak lebih dari 5 menit.. cumaaaa yang namanya pertama kali ya tetep saja toh, deg2an... Aduh gimana nanti kalau begini begitu dan sebagainya... 

Targetku untuk presentasi pertamaku simple aja sih, yang penting suaranya keluar, jelas, gak kelihatan grogi (apalagi jangan sampai tenggorokan tercekat sampai suara bergetar atau malah gak keluar dan tangan gemetar)... daaan ngomongnya lancaaar... gak belepotan, gak kehilangan kata2 'aduuh ini bahasa Inggrisnya apa yah'... dan alhamdulillaah... lumayaaan... cuma 1 kesalahan teknis, lupa nge-set layout ke tampilan buat presentasi :)) ...sadar pas di tengah2 presentasi aku nengok ke tampilan di layar lebarnya.. hlaaah kok... tapi ya sudahlah berhubung lagi asyik ngomong bisi konsentrasi buyar, maklum masih amatiran, lanjuuuut... :D kaga ada yang protes pula, hihihi.

Setelah 2 hari sebelumnya kursus kilat intensif jarak jauh dengan suami tercinta... Satu yang kuingat2 bener tipsnya: berikan energi di setiap kalimatnya...! Iyaa, kata Mas, trik untuk menutupi grogi dan mencegah suara bergetar dan kerongkongan tercekat, mending ngomong dengan suara yang penuh energi, lantang... asal jangan teriak2 aja, ntar dikira apaan, hehe..

Alhamdulillaah, it works!

I love you so much deh pokoknya, Mas :)

Presentasi berikutnya menantiiiii :)

2 comments:

  1. mamma saskia,,, selamat ya sudah berhasil mengalahkan hambatan paling besar : diri kita sendiri. :)
    Alhamdulillah; pappa harap mamma selalu ingat 1000 x keberhasilan ini agar selalu bisa meningkat kemampuan presentasinya
    Tau gak sii, kamu tu meramu kata2 yang pas, padahal baru pertama presentasi di depan masyarakat luas . eh akademika KU leuven ding :)
    all in all, I have found u have a great talent so that u should sharpen ur achievement.
    Aku senang dan bangga karena latihan nya membuahkan hasil, kalo latihan nya sama aku satu tempat pasti jadinya 2 kemungkinan : presentasinya kuereenn bangeett atau jadi adiknya saskia :)

    ReplyDelete
  2. makasih makasih, maaas.. :)
    iya bahaya tuh kalo kamu ada di sini, bisa2 sebelum sebelum tesisku terbit, adek saskia lahir duluan :))

    ReplyDelete