Thursday 26 July 2012

Long distance marriage

Tak terbayang rasanya ketika menikah dulu bakal harus menjalani kondisi begini.. hampir 2 tahun tepatnya harus terpisah jarak Bandung - Leuven Semarang antara bapak-ibu-anak. 

Cuma buat catatan supaya tidak lupa, mungkin bisa berguna juga kalau ada yang sedang mengalami dan kebetulan nyasar kemari.. jadi tips2 dan pengalamanku sejauh ini:

1. Komunikasi komunikasi komunikasi

Disebut sampai 3x karena ini yang menurut aku paling penting untuk dijaga.. namanya juga hubungan, komunikasi harus lancar.. kalau jarang kontak2an, mungkin jadinya aneh kalau pas ngobrol kok ternyata kurang nyambung yaaa.. kayaknya kita ketinggalan update berita banyak sama pasangan kita.. banyak kejadian2 yang terlewat untuk diceritakan.. dan kalau sudah numpuk, jadinya kadang jadi males untuk cerita karena terlalu panjang kronologis yang musti diceritakan.. lagipula teknologi jaman sekarang sudah mendukung kan.. gak perlu harap2 cemas menunggu surat berminggu2 lagi :D

Pengalaman aku, sempat terjadi juga, kalau entah akunya yang sibuk tugas kuliah, atau Mas Yudha lagi sibuk kerja, dinas berhari2 ke luar kota, bahkan luar Jawa, jadi jarang skype-an.. jadinya kalau pas akhirnya skypean gitu jadinya emosi :D ..udah gitu kadang suka lupa juga, misalnya dulu dia pernah cerita sesuatu.. terus dia cerita masih nyambung sama yang itu, eh akunya nanya lagi nanya lagi, lupa dia udah pernah cerita :P

Seminggu minimal 2-3 kali skypean.. lamanya tergantung sikon lah.. kalau lagi agak sela ya bisa berjam2.. kalau lagi sibuk, 10-20 menit aja, yang penting rutin.. ditambah email2an.. sms kadang2..

Kalau terpisah benua, yang repot ya harus ada yang ngalah ngorbanin jam tidur misalnya.. begadang dini hari buat skypean.. atau dianya dateng pagi2 banget sebelum jam kantor.. gitu deh.

Kalau sama Saskia mah, cuma bisa weekend doang.. secara mbah2nya sibuk, waktu luang cuma sabtu minggu.. yang pas jamnya gitu.. soalnya kalau hari biasa kan pas akunya bisa Saskia tidur... pas Saskia bisa aku lagi kuliah.. Harus rutin juga.. supaya anak  tetap tau emaknya :)

2. Percaya dan jaga kepercayaan pasangan

Kalau gak percaya sama pasangan, susah sendiri jadinya.. bawaannya curigaan.. jealous.. Aku titipkan semuanya ke Allah.. ya gimana lagi, masak mau nyewa mata2..

Aku sendiri, pernah juga sih agak2 curiga.. pas komunikasi sempat terhambat, jadi gampang curiga kalau dia susah ditelfon atau lama balas sms gitu.. atau diajak skypean ogah2an.. alesannya capek, kurang tidur, dll.. apalagi lingkungan kerja dan dunianya dia banyak cewek.. sebaliknya lingkunganku banyakan cowoknya.. pernah ketika kutanya, 'kamu jealous ga sama si ini itu?' jawabnya 'enggak, teman2mu gak ada yang kucemburui.. cuma satu, supervisormu.. habisnya sering banget cerita tentang dia'.. ups.. jadi hati2 juga kalau terlalu banyak menyebut nama teman lawan jenis.. maap aja mas, harap maklum, semester ini duniaku sempit sekali.. thesis thesis dan thesis.. udah ga ada kelas, jarang ketemu teman.. bergaul juga jarang.. alhasil yang aku rutin ketemu seminggu sekali cuma supervisorku.. ya udah paling bolak balik cerita soal supervisor n profesor..

Padahal maksud hati pengen cerita semua2nya supaya transparan gak ada sembunyi2an..

3. Jaga diri dan tahu batasan

Erat kaitannya sama yang di atas.. biasanya kalau jadi anak kuliahan (entah master atau PhD) berasa balik kayak jaman kuliah S1. Berasa single.. Apalagi kalau yang cewek misalnya jurusan teknik, otomatis teman2nya banyakan cowoknya.. ngerjain tugas bareng.. makan siang bareng.. kadang berangkat kuliah bareng.. sebisa mungkin rame2 ya, jangan berdua doang.. salah2 yang ketiganya setan yang menggoda..

Well, hal2 gitu susah dihindari.. misalnya, kemaren tugas kelompokan berdua.. partnerku cowok, ya alhasil, aku sering berdua2an ngerjain tugas, seringnya di kamarnya dia.. dan itu bisa dari pagi, siang, sore malem, sampe jam 2 dini hari, dan itu bukan sekali dua kali.. kadang juga, karena aku gak ngerti cara bikin tugas, n harus kursus kilat sama temenku yang cowok juga lainnya, ya aku mesti nongkrong di kamarnya dia juga berdua bisa sampe jam 4 pagi.. atau sebaliknya, temanku yang butuh bantuanku buat ngajarin.. ya dia yang nongkrong di kamarku sampe malem.. kalau begitu ya bisa jadi makan siang malem berdua sama dia juga.. kalau yang ini aku salut banget sama mas Yudha yang ikhlas n percaya sama aku.. mungkin kalau aku di posisinya dia atau jadi istrinya temen2 cowokku itu jealous kali ya.

Itu juga, jangan lupa kalau teman cowok kita itu sudah berkeluarga.. kitanya berteman baik juga sama istrinya.. jaga perasaan dan kepercayaan mereka juga..

Terus, kitanya harus bisa jaga diri n batasan dalam berteman.. gak jarang orang yang sudah berkeluarga n punya anak lupa diri kalau jauhan gini.. apalagi kalau nemu teman yang cocok buat curhat..  Sementara pasangan ga setiap saat bisa dikontak.. makanya jadikan diri kita tempat curhat yang menyenangkan buat pasangan.. dan cepat tanggap sama kebutuhan pasangan.. supaya dia gak perlu cari orang lain.. well, begitu sih teorinya..

3. Sabar

Kalau yang sedang menjalani mungkin bisa tau rasanya.. gimana rasanya kangen dan harus bersabar :)

Daaan ya sabar2in aja yaa.. yang punya anak.. Kebetulan anakku baru 5 bulan pas kutinggal.. Sekarang udah 2 tahun 3 bulan.. Namanya emak, pasti deh kepikiran kalau anak sedang sakit, walau cuma flu.. apalagi sampe opname.. apa2 jadi susah konsen.. yang ada akhirnya yaa sesenggukan deh seorang diri di kamar :)

Lalu kalau pas ditanya, 'Saskia anaknya siapa?' Dengan tegas jawabnya 'anaknya mbah ti' :P udah kebayang juga pas balik nanti mesti penyesuaian.. melakukan pendekatan.. sabar aja kalau anak jadinya lebih milih pengasuhnya..

4. Usaha untuk bertemu

Idealnya sebisa mungkin kalau sekolah ke luar negeri bawa keluarga.. tapi kalau karena 1 dan lain hal jadi tidak memungkinkan.. misalnya kalau aku.. karena sekarang aku yang sekolah, dan waktu itu anakku masih bayi banget.. susah.. apalagi posisinya istri yang sekolah.. kasian juga kalau suami kita di sini ga ada kegiatan selain ngurus anak.. alhasil.. well, kalau money no problem mah ya hayuk deh tinggal ke kedutaan apply visa.. Sayangnya kita bukan keturunan konglomerat :) soo..

Makasih buat mas Yudha udah usaha untuk cari short course dengan beasiswa tentunya.. di negara tetangga, dan jaraknya cuma 3 jam perjalanan.. lumayan 3 bulan.. :) nanti gantian mas Yudha yang sekolah di US, akunya bisa, n mau banget ikut, malah lembaga beasiswanya gak kasih ijin bawa keluarga.. mas Yudha suruh aku ambil PhD.. tapi eh tapii.. maaf mas.. aku sudah cukup lelah dengan master ini.. coba nanti aku cari short course aja, smg ada rejekinya.. :)

5. Ikhlas

Ikhlas.. percaya, pasti banyak hikmahnya.. Kebaikan apa yang kita dapat dari sini.. fokus itu aja.. lagian kalau dipikir2, kalau dulu aku gak sekolah, ya masih kerja lah di Bandung.. kalau aku dan mas Yudha kerja.. akhirnya ya dari pagi sampai sore Saskia sama pembantu di rumah, gak ada yang awasin..  kami pulang sore mungkin ketemu dia sebentar trus gak lama kemudian waktunya dia tidur deh.. kalau sekarang kan lebih nyaman karena sehari2 ada mbahnya di rumah.. di Semarang banyak saudara juga, sepupu2nya.. banyak yang merhatiin..

Oke, gak ada waktu lagi ya buat komplein... sudah sejauh sini kok masih komplein :D kan katanya hidup itu permainan dan sandiwara.. dan  hanya sementara.. beralih dari satu episode ke episode lain.. jadi anggap saja sekarang episodenya lagi pernikahan jarak jauh :) lagian Bandung-Leuven gak jauh2 amat kok.. we still can see the same moon at the same time :)


Kalau Semarang-Pittsburgh..


Nah itu baru jauuuuuh :((


*episode 10 hari menjelang keberangkatan mas Yudha*

No comments:

Post a Comment